Rabu, 19 Agustus 2015

SUSUNAN HURUF HIJAIYAH DI KEYBORD

Buat kamu yang baru mau belajar mengetik Arab di MS (Microsoft) Word tentu tidak tahu  Susunan Huruf Hijaiyah di Keyboard. Oleh karenanya Caraspot mau sharing gambar dan pejelasan soal urutan Abjad Arab tersebut sebagai panduan saat menulis di komputer. Sebenarnya letak dari masing-masing huruf maupun angkanya tidak sesuai dengan susunannya yang kita ketahui selama ini, melainkan berdasarkan tugas dari tiap jari yang kita gunakan, dan akan lebih mudah lagi kalau tahu cara mengetik 10 jari karena ini akan sangat membantu sekali jika ingin cepat dan bisa tanpa melihat keyboard. Tapi walau demikian semua kuncinya ada pada kebiasaan, semakin sering digunakan maka akan semakin lancar juga nantinya.
Ada tiga poin penting dalam artikel kali ini, yaitu mengenai letak hurufnya mulai dari Alif hingga Ya yang mana masing-masing menggantikan letak huruf dalam bahasan Indenesia, selain itu juga ada penjelasan soal harakatnya atau barisnya, tapi untuk ini harus menggunakan tombol Shift untuk mengaktifkannya sehingga tidak bisa langsung, dan yang terakhir adalah mengenai angkanya, nah kalau yang ini kadang tidak semua komputer atau keyboard dapat aktif angkanya sesuai dengan susunan nomor yang tertera saat kita mengaktifkan ketikan bahasa Arab, melainkan harus menggunakan menu Insert >> Symbol untuk memasukkan angka yang diinginkan, hanya saja ini akan memakan waktu saat kita menulis, tapi tenang saja karena soal ini juga akan dijelaskan tipsnya di bawah.

Susunan Huruf Hijaiyah di Keyboard untuk Menulis Abjad Arab

Berikut kami sajikan dalam bentuk gambar dan juga penjelasan dari masing-masing huruf tersebut pada keyboard. Untuk bisa lancar sebaiknya hafalkan letaknya, tapi bagi yang tau mengetik 10 jari bisa hanya dengan mengingat tugas dari tiap jarinya, misal huruf Ba pada huruf F, Lam di G, Alif di H, Ta di J dan seterusnya.
Sebelumnya : Cara Menulis Arab di MS Word (cara setting / menambah bahasa Arab di komputer dan cara mengaktifkannya dengan keyboard)

1.  Gambar untuk Abjad Arab

Di bawah ini adalah gambar setelah Shift + Alt diaktifkan untuk pengetikan Arab, tapi tentunya setelah disetting pengaturan tampilan bahasanya di Control Panel. Jika belum tau caranya silahkan baca cara setting atau menambah bahasa Arab di Microsoft Word yang sudah dijelaskan juga pada tautan cara menulis Arab di MS Word yang tertera di atas sub judul ini.
urutan huruf Arab hijaiyyah di keyboard
Jangan lewatkan 2 artikel penting yang masih berhubungan dengan ulasan Caraspot ini:
  1. Download Aplikasi Belajar Mengetik 10 Jari Terbaik
  2. Teknik Cara Mengetik 10 Jari dengan Cepat dan Benar Tanpa Melihat Keyboard (Video, Aplikasi dan layanan situs Online)
Sekali lagi, jika anda ingin agar Keyboard mengaktifkan semua huruf Arab di atas maka harus melkukan 2 langkah, yaitu setting bahasanya di Control Panel kemudian tekan Alt + Shift. Selain itu ada teknik lain agar kita bisa mengetik Arab tanpa harus menggunakan keyboard, yakni dengan menggunakan On-Screen Keyboard. Ini artinya untuk mengetik kita tidak harus menekan tombol di keyboard tapi dengan menggunakan bantuan mouse yang kemudian diklik langsung pada gambar yang tertera. Cara ini sebenarnya digunakan kalau kita belum hafal betul letaknya, tapi kalau sudah hafal semua sebaiknya tinggalkan cara ini karena proses ketikan yang dilakukan akan lama sekali, dibanding jika menggunakan sepuluh jari yang mana semua jari tangan dimanfaatkan.

2.  Gambar Keyboard

Ini adalah gambar di mana saat posisi keyboard dalam posisi normal / netral untuk mengetik dalam bahasa Indonesia maupun Inggris. Juga sama caranya untuk mengembalikan dari Arab ke Indonesia, yakni dengan tekan Alt + Shift.
urutan abjad arab Hijaiyyah di komputer
Gambar di atas hanya perbandingan untuk yang belum tau letak huruf Hijaiyyah jadi misalnya mau menulis huruf Ba maka gantinya adalah huruf F untuk tampilan Indonesia-nya, dan demkian seterusnya yang kebetulan sudah ada keterangannya di bawah. Saya juga punya tips soal jenis Keyboard yang bagus, berdasarkan pengalaman brand Logitech jauh lebih berkualitas dan tahan lama penggunaannya, terutama pada tulisan hurufnya yang sulit terhapus walau telah digunakan dalam waktu lama.

Keterangan:

Di bawah ini perbandingan letak huruf antara huruf Hijaiyyah untuk mengetik Arab dan Latin untuk bhs. Indonesia dan Inggris pada keyboard.
a.  Huruf Umum:
Alif ( ا ) : H
Ba ( ب ) :F
Ta ( ت ) : J
Tsa ( ث ) : E
Jim ( ج ) : [
Kha ( ح ) : P
Kho ( خ ) : O
Dal ( د ) : ]
Dzal ( ذ ) : ` / ~
Ra ( ر ) : V
Za ( ز ) : . (titik)
Sin ( س ) : S
Syin ( ش ) : A
Shod ( ص ) : W
Dhod ( ض ) : Q
Tho ( ط ) : ‘ (tanda petik satuو dekat enter)
Dhlo ( ظ ) : / – ?
‘Ain ( ع ) : U
Ghoin ( غ ) : Y
Fa ( ف ) : T
Qof ( ق ) : R
Kaf ( ك ) : ; (tanda titik dua)
Lam ( ل ) : G
Mim ( م ) : L
Nun ( ن ) : K
Wawu ( و ) : , (tanda koma)
Hamzah ( ء ) : X
Ha ( ه ) : I
Ya (dengan dua titik) ( ي ) : D
Ya (tanpa titik) ( ى ) : N
b.  Tambahan
Jika kamu mau menulis huruf Lam Alif yang hamzah-nya di bawah atau di atas maka bisa menggunakan beberapa kombinasi tombol berikut, demikian juga untuk memberi tanda baca panjang langsung di atas Alif.
لا : B
أ : Shift + H
إ : Shift + Y
لأ : Shift + G
لإ : Shift + T
لآ : Shift + B
آ : Shift + G
c.  Harakat
Baris atau harakat saat menulis Arab harus menggunakan tombol Shift saat ingin mengatifkannya dengan tambahan menekan huruf atau simbol lain di keyboard.
Fathah ( َ  ) : Shift + Q
Fathahtain ( ً  ) : Shift + W
Kasroh ( ِ ) : Shift + A
Kasrohtain ( ٍ  ) : Shift + S
Dommah ( ُ  ) : Shift + E
Dhommahtain ( ٌ  ) : Shift +R
Sukun ( ْ  ) : Shift +X
Koma untuk Arab ( ، ) : Shift + K
Titik ( . ) : Shif + .
d.  Angka / Nomor Arab
Biasanya tidak semua komputer bisa ikut aktif angka Arab-nya kalau saat menekan angka latin, terkadang ini dipengaruhi oleh program Windows yang digunakan, apakah pakai Windows Vista, XP, 7 (seven), 8, 10 dan sebagainya, semuanya memiliki perbedaan. Dan jika seandainya tidak bisa maka gunakan Simbol yang tertera pada menu Insert.
Berusahalah lancar dalam mengetik Arab dengan mengingat susunan huruf Hijaiyah di Keyboard di atas. Solusi lain agar tak perlu repot menghafalnya adalah dengan latihan rutin setiap hari dan terapkan prinsip bahwa setiap jari masing-masing punya tugas pada tiap huruf dan usahakan jangan sampai berubah-ubah agar posisi tangan tetap dan yang bergerak hanya jarinya saja. Selain itu, perhatikan juga pada huruf F dan J yang mana masing-masing diberi tanda berupa tonjolan yang mana gunanya agar posisi jari telunjuk terus berada di sana supaya saat menulis, walau tak melihat pada keyboard, tetap tidak akan terjadi salah pencet. Oh ya… terakhir nih soal posisi tangan, sebaiknya tangan jangan diangkat, usahakan bagian dekat pergelangan menempel pada pinggir keyboard dan tidak berubah sampai selesai.
SUMBER : http://www.caraspot.com/susunan-huruf-hijaiyah-di-keyboard-abjad-arab.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Most Reading