Minggu, 11 Oktober 2015

10 Fakta Menarik Bintang Raksasa VY Canis Majoris

10 Fakta Menarik Bintang Raksasa VY Canis Majoris

Citra VY Canis Majoris yang tertutup awan nebula yang berasal dari materinya

AstroNesia ~ Siapa yang tak kenal bintang ini. Apalagi beberapa tahun yang lalu, bintang ini sempat di nobatkan menjadi bintang terbesar di alam semesta. VY Canis Majoris (VY CMa) adalah bintang hypergiant merah yang terletak di rasi Canis Major.

Yuk kita lihat beberapa fakta menarik bintang ini

1. VY Canis Majoris berjarak sekitar 4.000 hingga 5.000 tahun cahaya dari Bumi di konstelasi Canis Major.

2. Bintang ini pernah memegang kekuasaan sebagai bintang terbesar yang pernah ditemukan. Tapi menurut wikipedia, posisi VY Canis Majoris kini telah bergeser ke urutan 9. Saat ini, bintang terbesar di pegang oleh UY Scuti. Baca disini : UY Scuti : Bintang Terbesar Di Alam Semesta

3. VY Canis Majoris adalah bintang hypergiant merah dengan radius 1.420 kali lebih besar dari radius matahari. Jika di tempatkan di tata surya, besar bintang ini bisa mencapai orbit Saturnus.

4. Bintang hypergiant seperti VY Canis Majoris sangat jarang di galaksi kita, pada kenyataannya sebagian besar bintang di Bima Sakti lebih kecil dari matahari atau sering disebut katai merah. Bintang besar membakar bahan bakar mereka sangat cepat, oleh karena itu mereka hanya hidup beberapa juta tahun, bintang yang lebih kecil seperti matahari kita hidup selama miliaran tahun.
 

5. Diperkirakan bahwa VY Canis Majoris telah mengeluarkan setengah dari massanya yang telah mengepung bintang ini dalam awan nebula.

6. VY Canis Majoris sudah mendekati akhir hidupnya dan diperkirakan akan meledak menjadi supernova dalam 100.000 tahun mendatang.

7. Setelah bintang ini meledak, sisa intinya masih cukup masif untuk membuat lubang hitam. Massa bintang ini sekitar 20 sampai 40 kali massa Matahari kita.

8. VY Canis Majoris memiliki suhu permukaan sekitar 3.200 C (5.800 F). Suhu matahari masih lebih panas dari bintang ini yang mencapai 5.505 °C (9.941 °F)

9. Pengukuran luminositas bintang ini cukup bervariasi, dari 250.000 sampai 500.000 kali lebihterang dari matahari.

10. Bintang ini pertama kali ditemukan oleh astronom Prancis Jerome Laland pada tahun 1801.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Most Reading