Sabtu, 03 Oktober 2015

6 Cara Merawat Kuku Agar Terlihat Sehat Dan Kuat


6 Cara Merawat Kuku Agar Terlihat Sehat Dan Kuat

   Bagaimana cara merawat kuku agar sehat dan kuat serta terlihat cantik? Kuku merupakan bagian tubuh yang juga memerlukan perawatan rutin. Sama halnya dengan kulit dan rambut, kesehatan kuku terutama dimulai dari asupan gizi yang baik. Apa yang Anda makan sangat mempengaruhi kesehatan tubuh secara keseluruhan. Makanan yang sehat mengandung karbohidrat, protein, lemak dan juga vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh. Makanan bergizi membuat kulit, rambut dan kuku sehat dan kuat. Berikut beberapa tips untuk merawat kuku dengan benar:

6 Cara Merawat Kuku Agar Terlihat Sehat Dan Kuat

    Cara Merawat Kuku Agar Terlihat Sehat Dan Kuat    

Ø Potong kuku secara teratur
Kecepatan pertumbuhan kuku setiap orang memang berbeda-beda. Memotong kuku ketika panjangnya sudah mulai tidak proporsional merupakan cara merawat kuku agar tidak mudah patah. Beberapa wanita memanjangkan kukunya agar terlihat lebih menarik, namun panjang kuku sebaiknya tidak berlebihan. Kuku juga sebaiknya tidak dipotong terlalu pendek melebihi batas bantalan jari. Kuku yang terlalu pendek dapat menyebabkan luka dan infeksi.


Ø Hentikan Kebiasaan Buruk
Jangan menggigiti kuku atau menggunakan kuku untuk membuka tutup kaleng. Kuku juga sebaiknya tidak digunakan ketika menekan tombol keyboard atau ponsel. Hal tersebut akan membuat kuku patah dan cepat rusak.

Ø Rawat Kutikula
Salah satu cara merawat kuku juga dengan memperhatikan perawatan kutikula. Kutikula adalah kulit tipis yang terletak di sekitar kuku. Kadang-kadang kita menariknya secara sembarangan agar terlepas dari kuku. Padahal, hal tersebut sangat tidak disarankan karena dapat menyebabkan infeksi.

Ø Rendam Dalam Air Hangat
Rendam kuku dengan air suam-suam kuku yang dicampur dengan sedikit air perasan jeruk nipis sebagai cara merawat kuku alami. Jeruk nipis berfungsi untuk memutihkan serta membuat kuku terlihat mengkilap secara alami. Lakukan selama 15 menit, kemudian keringkan. Setelah itu, oleskan hand cream atau body lotion pada kuku.

Ø Perbanyak minum air putih
Air putih terbukti sangat menyehatkan tubuh. Minum air putih sebanyak 8 gelas sehari membuat tubuh terhidrasi dengan baik. Tubuh yang terhidrasi akan terlihat dari kulit, rambut dan kuku yang sehat dan cerah. Hal ini dapat diterapkan juga sebagai cara merawat kulit dan rambut.
Ø Berhenti merokok
Rokok sangat buruk untuk kesehatan tubuh. Selain itu nikotin yang terkandung di dalamnya dapat membuat seseorang terkena penyakit kronis. Orang yang merokok umumnya kukunya terlihat kekuning-kuningan. Hal tersebut tentu membuat kuku terlihat kotor dan menjijikkan.

Ø Bersihkan pewarna kuku dengan benar
Cara merawat kuku berikutnya adalah dengan memilih pewarna kuku yang memiliki kualitas baik. Kuku yang terlalu sering dicat akan terlihat memudar dan berubah warna. Oleh karena itu, bersihkan kuku dengan nail polisher untuk membersihkan cat kuku.

Demikian beberapa tips dan cara merawat kuku agar terlihat sehat, kuat dan cantik. Semoga berguna.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Most Reading